Minggu ke Empat - KOMINFO | DISHUBKOMINFO

Asslammualaikum!
Alhamdulilah bertemu lagi di postingan Mingguan di minggu ke empat, bagaimana kabar nya kawan selepas menjalan kan kegiatan idul adha ? Pasti kenyang daging dan mabok daging dong hehe semoga tidak sakit ya. Tapi saya harap selalu di berikan kesehatan untuk kawan-kawan semua, untuk melakukan ibadah dan mencari ilmu yang berguna untuk dunia dan akhirat nanti Amin!!
http://gudangngoprek.blogspot.co.id/

Oke Minggu kali pengalaman yang sudah saya dapatkan begini, Saya melakukan Installasi Server dengan operating system Debian 7. Dan melakukan install service dan konfigurasi service-service yang telah di install. Service yang telah saya install dan konfigurasi di server diantara nya service penting untuk Hosting karena server ini bertujuan untuk hosting yaitu:

http://gudangngoprek.blogspot.co.id/

1.Karena di server ada 2 Harddisk nah untuk memanfaatkan satu harddisk yang tidak terpakain saya menggunakan Harddisk itu untuk Backup menggunakan RAID level 1. Konfigurasi RAID 1 (Mirror) Untuk Backup ke harddisk yang lain secara otomatis
2.Konfigurasi Interface (Memberikan IP terhadap LAN Card Server)
3.Melalukan update dan upgrade ke Repo yang berada di internet langsung.
4.Install dan konfigurasi service untuk remote server menggunakan ssh
5.Melakukan Installasi dan Konfigurasi webserver, saya disini menggunakan webserver Apache
6.Installasi dan Konfigurasi PHP
7.Install dan Konfigurasi database server serta Control panel database yaitu Phpmyadmin
8.Install dan Konfigurasi FTP untuk fasilitas upload file ke hosting
9.Install dan Konfigurasi Samba Anon Login dan User Login untuk fasilitas menyimpan data di server
10.Konfigurasi dan Troubleshooting DMZ di modem speedy FO Zte f660
11.Pengecekan semua service serta Troubleshooting semua service server agar berjalan optimal!

Itu yang saya lakukan sepanjang minggu ke empat, sebenarnya server sudah online bisa di akses dari jaringan Public dan bisa di pakai untuk hosting, tetapi jaringan disini hanya mempunyai IP Public dynamic sehingga setiap modem restart atau setiap hari nya IP Public disini berganti secara otomatis. Nah mungkin nanti disini akan mengajukan IP public static ke provider jaringan disini yaitu speedy agar ip public tidak berganti setiap hari.

Pada hari terakhir, datang satu komputer baru untuk kepala bidang kominfo, saya di beri tugas untuk menata komputer di ruangan nya sekaligus menginstall komputer itu karena saat komputer itu datang komputer hanya menggunakan DOS.

Demikian postingan Minggu ke Empat kali ini terima kasih telah membaca postingan saya kali ini dan jangan lupa berkunjung dan membaca juga postingan saya selanjutnya :D
Previous
Next Post »