Sang Ayah dari Sang Legendaris Linux (Operating Sistem Linux)

Untuk para penggiat IT mungkin sudah tidak heran ketika mendengar kata "Linux".
Ya, Linux adalah salah satu Operating Sistem (OS) yang ada pada jaman sekarang ini selain dari Windows yang sering ditemui dimana-mana dan bahkan mungkin bisa dibilang sudah merajai teknologi operating sistem di Indonesia sekarang ini. Tidak bisa dipungkiri hampir setiap kalangan menggunakan operating sistem besutan dari Microsoft.

Linux sendiri OS yang dapat disebut pesaing dari Windows,  kenapa demikian ?
Pada sekarang ini para penggiat IT menggemari dan lebih sering menggunakan OS Linux dengan tujuan edukasi, karena OS tersebut mempunyai License "Open Source" yang artinya setiap orang yang menggunakan OS Linux dapat memodifikasi sesuai dengan keinginannya, menambahkan atau mengurangi program aplikasi di dalamnya tidak terhalang oleh yang nama nya "copyright".
Banyak sekali penggemar OS bersutan dari seorang yang bernama "Linus Benedict Torvalds" tetapi banyak juga orang yang mengenal ayah dari OS Linux tersebut.

Saya disini akan mencoba sedikit memaparkan biografi tentang Sang ayah dari OS Linux.


Linus Benedict Torvalds, itulah nama lengkap pendiri sistem operasi Linux. Selain dikenal sebagai ayah OS Linux, ia juga dikenal sebagia seorang penggiat perangkat lunak atau rekayasawan perangkat lunak. Pembuatan Linux sendiri terinspirasi dari sistem operasi mirip UNIX yang dikembangkan oleh Andrew S. Tanenbaum yaitu MINIX.

Beliau lahir pada tanggal 28 Desember 1969, di Helsinki, Finlandia. Ia lahir dari pasangan Nils Torvalds (ayah) dan dan Anna Torvalds (ibu). Pada saat kecil ia sudah sangat menyukai dan tertarik pada dunia pemrograman. Berawal dari komputer milik kakeknya, ia selalu belajar dalam pembuatan pemrograman komputer. Demi untuk mengembangkan hobinya ini pria berkebangsaan Finlandia ini memutuskan kuliah di Universitas Helsinky.

Kemampuannya berkembang dan mulai belajar mengenai pemrograman C, pada kala itu ia di Universitasnya sering menggunakan OS UNIX karena memang di Universitasnya pada masa itu menggunakan OS tsb.

Berawal dari sana, Linus mencoba untuk mengembangkan sistem operasi UNIX yang compatible digunakan pada perangkat PC. Hanya dalam hitungan bulan, Linus Torvalds – Pendiri Linux, berhasil membuat versi kasarnya. Sistem operasi yang berhasil ia buat tersebut diberi nama Linux. Tanpa ragu pria yang dijuluki sebagai Bapak Linux ini memperkenalkan Linux ke dunia maya, dan membuat software-nya bisa diunduh secara gratis. Selain dari itu Linus juga membagikan source code-nya, sehingga memungkinkan semua orang yang mengerti tentang bahasa pemrograman memodifikasi sistem operasi buatannya.

Pada tahun 1990, Linux mendapat sambutan yang begitu besar dari para pengguna PC. Bahkan para pesaing Microsoft pun tertarik dan turut serta mengembangkan Linux. Para kompetitor Microsoft tersebut mengumumkan bahwa mereka akan mendukung sepenuhnya Linux sebagai alternatif sistem operasi. Sejak saat itu, Linux mengalami kemajuan pesat di beberapa negara berkembang. Dalam waktu yang sama, Linus mengambil posisi di Transmeta corp. dan bekerja dalam sebuah proyek rahasia untuk mengembangkan OS-nya.

Linux memiliki tempat tersendiri di hati para pencintanya. Ia disukai karena sistem operasi yang mudah dimodifikasi sesuai dengan keinginan pengguna. Banyak sekali kelompok pengembang yang ikut memperbaiki dan menyempurnakan segala fiturnya. Bahkan saat ini, Linux menjadi sistem operasi yang paling menjanjikan karena bisa diterapkan pada perangkat apa saja termasuk pada pesawat ulang alik buatan NASA. Karir Linus Torvalds – Pendiri Linux terus berjalan, pada pertengahan tahun 2012 ia menerima penghargaan sekelas Nobel, yaitu penghargaan Millenium Technology Prize 2012.

Banyak pelajaran yang disampaikan dari kisah singkat diatas salah satunya yaitu :

  1. Mampu bersaing, pada saat itu raksasa Microsoft sedang merajai pasar Operating Sistem tapi ia dengan yakin mampu untuk bersaing dengan menciptakan dan mengembangkan salah OS ber-license "Open Source
  2. Pandai memanfaatkan peluang sekecil apapun, siapa yang tidak kenal raksasa Microsoft, perusahaan ini mempunyai market yang sangat luas tp Linus dapat memanfaatkan peluang yang dia raih untuk memasarkan OS bersutannya.
Jika ada pelajaran yang mau ditambahkan silahkan untuk mengisi komentar dibawah.

Sekian coretan saya yang singkat ini, semoga informasi yang saya bagikan bermanfaat bagi kita semua khususnya untuk saya pribadi..

Regards,
Mimin.
Previous
Next Post »